Surah Ar Rahman Ayat 33 Menjelaskan

Mengetahui sebuah kandungan dari ayat quran tidaklah bisa berdiri sendiri. Antara ayat bisa jadi ada korelasi atau hubungan. Begitu juga, kadang ditemukan dalam suatu ayat yang mana memiliki hubungan dengan ayat lain di surah yang lain.

surah ar rahman ayat 33 menjelaskan
Surat ar rahman ayat 33 beserta artinya

Seperti kandungan Arrahman ayat 33 menjelaskan tentang pertanggungjawaban perbuatan dan kekuasaan Allah secara mutlak. Konteks ayat ini berbicara tentang nikmat dan kekufuran terhadapnya. Karena hampir di akhir setiap ayat dari Surah Arrahman ini disisipkan kalimat "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"


Penjelasan Surah Ar Rahman Ayat 33

Menurut uraian sebelumnya. Konteks surah ar rahman ayat 33 bukan masalah ilmu pengetahuan. Dalam beberapa tafsir disebutkan ‘Hai kelompok jin dan manusia, jika kalian sanggup melintasi penjuru langit dan bumi’ ditafsirkan dengan karena lari dari hisab dan siksaan.

Artinya Qs Arrahman 33 ini seolah-olah berkata, kemanapun kalian pergi, bahkan melintasi penjuru langit, menembus galaksi-galaksi karena lari dari pertanggungjawaban dan siksa, maka niscaya itu tidak akan menyelamatkan kalian dari tanggungjawab amal perbuatan kalian.

Selanjutnya dari surah ar rahman ayat 33 menjelaskan tentang kekuasaan Allah, Maha Suci Allah. Melanjutkan penggalan ayat sebelumnya, bahwa seandainya mereka melintasi penjuru langit pun itu semata-mata karena sulthan (kekuasaan Allah).

Bisa jadi, manusia dan jin -menurut mereka- memiliki kemapuan dibidang teknologi yang mampu menjelajah angkasa dan melintasi planet-planet. Sehingga mereka menyombongkan diri bahwa itu semua murni hasil kecerdasan dan kerja kerasnya. Timbulnya rasa sombong ini yang ditegur oleh Allah.

Jadi, surah ar rahman ayat 33 menjelaskan dua hal; pertama, ketidakmampuan manusia dan jin untuk lari dari hisab dan siksa atas perbuatannya. Yang kedua penjelasan tentang segala sesuatu yang ada pada manusia, itu semua ada dan terjadi karena kekuasaan Allah.


Hikmah Surah Ar Rahman Ayat 33

Hikmah yang dapat dipetik dari surah ar Rahman ayat 33 adalah:

  • Menggunakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah sebagaimana mestinya.
  • Tidak sombong atas keilmuan dan kelebihan manusia

Nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada manusia seperti kesehatan, keluarga, harta, keamanan, dan lain-lain, juga akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Manusia harus bertanggungjawab, atas penggunaan nikmat tersebut, apakah digunakan dengan cara yang benar atau disalahgunakan. Dan manusia tidak akan bisa menghindar hisab-Nya.

Perbuatan yang buruk seperti memakan harta anak yatim, merusak lingkungan, membunuh, mencuri, zina, memakan riba, berbohong, dan lain-lain, akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Manusia dan jin tidak dapat menghindarinya, karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Melihat segala perbuatan yang dilakukan oleh makhluk-Nya.

Allah adalah sumber segala pengetahuan dan kebijaksanaan, dan manusia hanya mampu memperoleh pengetahuan dengan izin-Nya. Oleh karena itu, tidak seorang pun dari manusia dapat merasa sombong atas keilmuannya, karena pengetahuan yang dimiliki hanya diberikan oleh Allah.

Dalam Al-Quran, Allah berfirman, "Dan janganlah kamu memandang rendah terhadap dirimu sendiri, dan janganlah pula kamu terlalu sombong dengan ilmu yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu lakukan" (Al-Quran, Surat Luqman: 18).

Artinya, manusia harus selalu merendahkan hati dan tidak sombong atas keilmuannya, karena pengetahuan yang dimiliki hanyalah karunia dari Allah. Sombong dan merendahkan orang lain hanya akan menyebabkan kesombongan dan kesalahan dalam pengetahuan.

Oleh karena itu sesuai Surah Ar Rahman Ayat 33 Menjelaskan kepada seorang muslim harus selalu berusaha untuk belajar dan meningkatkan pengetahuannya, tetapi tetap merendahkan diri dan tidak sombong atas keilmuannya. Selain itu, seorang muslim harus menggunakan ilmunya untuk kebaikan dan kemajuan umat manusia, serta selalu mengakui bahwa segala keberhasilan yang dicapai hanya dapat terjadi dengan izin dan bantuan Allah. wallahu alam bissowab.


Referensi:

  • ar rahman ayat 33
  • surat ar rahman ayat 33
  • surah ar rahman ayat 33
  • qs ar rahman 55 33
  • qs ar rahman ayat 33
  • qs arrahman ayat 33
  • arti surat ar rahman ayat 33
  • kandungan surat ar rahman ayat 33
  • surat ar rahman ayat 33 beserta artinya