Ad Code

Responsive Advertisement

Surat Al Falaq Dan Artinya Per Ayat Indonesia & Inggris

Surat al Falaq dan artinya per ayat - surah ini adalah salah satu bagian dalam Al-Quran yang terdiri dari lima ayat. Ia berada tepat sebelum ujung akhir mushaf al Quran. Artikel ini akan membahas lebih dalam Surat al Falaq dan artinya per ayat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan kandungannya.

surat al falaq dan artinya per ayat


Mari membaca dan memahami secara mendalam bersama surah.my.id terhadap isi dari surat Al Falaq yang terdiri dari lima ayat beserta artinya. Dalam membaca, perlu menghayati setiap kata dan makna yang terkandung dalam surah tersebut, terutama pada ayat kelima yang menjelaskan tentang permohonan perlindungan terhadap kejahatan orang yang iri hati.

Tujuan dari membaca dan memahami Surat Al Falaq adalah untuk memperkuat keimanan dan taqwa, serta memperdalam pemahaman tentang perlindungan dan kasih sayang Allah SWT.


Surat Al Falaq Dan Artinya Per Ayat Indonesia

Ini adalah bacaan Surat al Falaq dan artinya per ayat yang kami ambil dari Nahwu.id dalam format tulisan Arab, Latin dan artinya.

surat al falaq dan artinya

Surat Al Falaq Latin Dan Artinya

Dalam sumber tersebut juga disertakan tulisan latin dari Surah al Falaq untuk membantu mereka yang belum bisa membaca teks Arabnya.


Surat Al Falaq Dan Artinya Per Ayat Inggris

Bagi yang mengendaki surat al falaq dan artinya per ayat dalam bahasa Inggris, kami sertakan terjemahan english-nya menurut Syeikh Abdullah Yusufali dari ayat 1-5

  • Say: I seek refuge with the Lord of the Dawn (1)
  • From the mischief of created things; (2)
  • From the mischief of Darkness as it overspreads; (3)
  • From the mischief of those who practise secret arts; (4)
  • And from the mischief of the envious one as he practises envy. (5)


Kandungan Surat Al Falaq Dan Artinya Per Ayat

Kandungan utama surah ini adalah pengajaran dari Allah agar manusia menyandarkan diri dan meminta hanya kepada-Nya. Selain itu, isi surah Al-Falaq juga menekankan agar meminta perlindungan dari segala bentuk kejahatan, sebagaimana dalam bunyi ayat ke-2 sampai terakhir.

Dari Surat al Falaq dan artinya per ayat, terdapat empat macam kejahatan yang dicantumkan dalam ayat-ayatnya.

  • Pertama, kejahatan yang timbul dari makhluk, sebagaimana terdapat pada ayat ke-2.
  • Kedua, kejahatan yang muncul pada malam hari, sebagaimana terdapat pada ayat ke-3.
  • Ketiga, kejahatan yang dilakukan oleh tukang sihir, sebagaimana terdapat pada ayat ke-4, dan
  • keempat, kejahatan yang berasal dari pendengki, sebagaimana terdapat pada ayat ke-5.

Jadi, inti kandungan surat Al-Falaq adalah permohonan perlindungan kepada Allah dari segala bentuk keburukan, kejahatan, madharat, penyakit dengan berbagai macam bentuknya. Semua itu dapat berwujud baik dalam keadaan terlihat maupun tersembunyi, bahkan ketika kita terjaga pada malam hari. Oleh karena itu, kita sebagai umat Islam diajarkan untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari segala bentuk kejahatan dan bahaya yang mungkin mengancam kita.

 

Isi kandungan ayat ke 5 dari surah Al Falaq

Sebagaimana disinggun sebelumnya, bahwa isi kandungan ayat ke-5 dari sura al Falaq adalah permohonan lindungan Allah dari pendengki ketika sifat iri itu muncul.

Lebih lanjut, maksud ayat ke-5 dari Surah Al-Falaq berisi tentang permohonan perlindungan dari kejahatan orang yang iri hati atau dengki. Dalam ayat tersebut dikaitkan bahwa keinginan untuk menghilangkan nikmat yang diperoleh orang lain dapat menyebabkan seseorang menjadi pengiri atau orang yang iri hati. Namun, kejahatan baru dapat terjadi jika isi hati tersebut dicetuskan dalam bentuk ucapan atau perbuatan yang dapat menyebabkan mudharat atau kerugian bagi orang lain.

 

Ulama menegaskan bahwa keadaan iri hati dan kedengkian yang hanya terdapat dalam isi hati dapat ditoleransi dalam beberapa kasus, terutama jika seseorang telah berusaha untuk mengatasi perasaan tersebut namun masih sering muncul. Namun, jika iri hati tersebut sudah mencetus dalam bentuk tindakan atau ucapan yang merugikan orang lain, maka hal itu sudah dianggap sebagai kejahatan yang perlu dihindari dengan meminta perlindungan kepada Allah.

Posting Komentar

0 Komentar