Ad Code

Responsive Advertisement

Lakodja Akum Rosulum Min Anfusikum Azizun Alaihi Ma Anittum Harisun

Lakodja Akum Rosulum Min Anfusikum Azizun Alaihi Ma Anittum Harisun

Ayat lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun merupakan bacaan ayat al Quran. Tepatnya bunyi bacaan Surat Attaubah ayat 128.


lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun
Lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun

Dalam ayat tersebut terdapat dua kandungan utama. Kandungan tersebut diambil dari bunyi teks rosulum min anfusiku dan azizun alaihi dan seterusnya. Dengan memahami arti dan kandungannya, Kita bisa mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan karakter kepada siswa dan siswi.


Arti Lakodja Akum Rosulum Min Anfusikum Azizun Alaihi Ma Anittum Harisun

Pertama kita bahas dulu arti dari laqodjaakum rosulum min anfusikum. Secara bahasa, arti penggalan ayat tersebut adalah: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri.

Bunyi selanjutnya yaitu ‘azizun alaihi ma anittum harisun alaikum’ yang artinya: berat terasa olehnya (rasul) penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu. Kemudian qs. at Taubah ayat 128 ini ditutup dengan bacaan: ‘bil mukminina roufur rohim’ yang memiliki arti: amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.


Kandungan Lakodja Akum Rosulum Min Anfusikum Azizun Alaihi Ma Anittum Harisun

Dua kandungan dari ayat ke-128 surah At-taubah ini adalah:

1.      Rosul adalah utusan yang mana Beliau merupakan bagian dari penduduk Mekah

2.      Sifat kasih sayang Rosul, baik kepada manusia secara keseluruhan maupun kekhususan terhadap mukminin. Baca juga tentang doa untuk orang sakit perempuan bahasa Arab sebagai bentuk perhatianmu.

Kandungan lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun yang pertama adalah bukti tidak terbantahkan, bahwa seharusnya mereka adalah orang yang paling tahu terhadap siapa sesungguhnya Muhammad itu. Karena Muhammad merupakan bagian dari penduduk Mekkah.

Mereka tentu paham betul, nasab atau silsilahnya. Bagaimana reputasi keluarganya serta karakter mulia yang terdapat dalam diri Nabi Muhammad. Sehingga semestinya mereka bisa menerima ajakan atau dakwah Sang Nabi. Karena Muhammad -seperti yang mereka kenal- adalah orang yang jujur dan tidak pernah bohong.

Kandungan kedua dari lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun adalah terkait sifat kasih sayang Rosul. Penggambaran akan sifat kasih sayang Nabi Muhammad ini ada empat yaitu:

  1. Aziz
  2. Haris
  3. Rouf
  4. Rohim

Azizun dalam konteks Qs. At-Taubah 128 artinya besar atau berat, dalam artian Nabi ikut merasakan penderitaan yang mereka tanggung. Ini wujud sifat simpati dan empati Beliau

Baca juga artikel: Syafakillah artinya apa.

Haris artinya sangat menginginkan. Artinya Nabi Saw begitu berharap agar kaum Mekah bisa mengikutinya sehingga selamat di dunia dan akhirat.

Rouf artinya sangat belas kasih. Sifat rouf diarahkan khusus kepada orang-orang mukmin. Begitu juga sifat Rohim. Rohim artinya sangat penyayang.

Dua sifat terakhir, yaitu roufur rohim menunjukkan betapa amat berbelas kasih dan penyayangnya Nabi khusus terhadap mukminin atau orang-orang yang beriman kepada ajaran Beliau.

Demikian uraian akan arti dan kandungan lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun secara sederhana. Nafa’anallah bi ayatil karim. Wallahu a’lam bisshowab.

--

Referensi:

  1. laqod ja akum
  2. laqod jaakum rosulum min anfusikum azizun alaihi
  3. laqod jaa akum
  4. ayat laqod jaakum
  5. bacaan laqod jaakum
  6. laqod jaakum latin
  7. Arti Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar
  8. https://nsdsbsmair.blogspot.com/2023/02/ucapan%20cepat-sembuh-untuk-laki-laki.html
  9. https://nsdsbsmair.blogspot.com/2023/02/doa-untuk-orang-sakit-perempuan-bahasa.html


 

Posting Komentar

0 Komentar