Ad Code

Responsive Advertisement

Tafsir Qs Al Furqan Ayat 2 dan Pelajaran yang Bisa Diambil

Tafsir Qs Al Furqan Ayat 2

Qs Al Furqan Ayat 2
Qs Al Furqan Ayat 2 Latin dan artinya


Al Furqan adalah nama surah urutan ke-25 dalam runtutan urutan Al-Quran. Dalam Qs al Furqan ayat 2 menyatakan beberapa hal, yang dimulai dengan penjelasan Dia lah yang memiliki, menguasai samwat wal ardh.

Menarik untuk kita ambil penjelasan dari tafsir untuk kemudian kita ambil pelajaran yang bisa kita terapkan dalam sehari-hari. Menurut sumber Tafsir Tahlili quran.kemenag.go.id, setidaknya ada 9 kandungan

  1. Allah memuji diri-Nya dengan menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad sebagai peringatan bagi alam semesta.
  2. Al-Qur'an adalah kitab yang penting dan tinggi nilainya di sisi Allah sebagai petunjuk hidup bagi manusia.
  3. Al-Qur'an disebut al-Furqan sebagai pembeda antara petunjuk dan kesesatan.
  4. Nabi Muhammad diutus untuk manusia di segala masa dan tempat.
  5. Allah menyebut Nabi Muhammad sebagai "hamba-Nya" untuk memuliakannya.
  6. Manusia yang memperhambakan dirinya kepada Allah adalah hamba Allah yang hakiki.
  7. Allah pemilik langit dan bumi serta tidak memiliki anak.
  8. Allah tidak bersekutu dengan lainnya dalam kekuasaan-Nya dan patut disembah.
  9. Manusia harus memohonkan sesuatu hanya kepada-Nya, bukan menyembah makhluk-Nya seperti manusia, berhala, dan benda lainnya.

Dari penafsiran Qs al Furqan ayat 2 kita dapat mengambil hikmah dari kandungan-kandungannya. Namun sebelum itu, baiknya ayat ke-2 ini dijelaskan dalam bentuk yang lebih sederhana.


Penjelasan Dari Qs Al Furqan Ayat 2

Surah Al Furqan ayat 2 menjelaskan tentang sifat-sifat Allah yang maha kuasa dan maha suci. Ayat ini menyatakan bahwa Allah adalah pemilik langit dan bumi, tidak memiliki anak, dan tidak ada sekutu dalam kekuasaan-Nya. Ayat ini juga menyatakan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dan menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat. Qs al Furqan ayat 2 ini menegaskan keesaan Allah dan keagungan-Nya sebagai pencipta alam semesta.

 

Pelajaran dari Qs Al Furqan Ayat 2

Ayat ke-2 dari Surah Al Furqan ini mengajarkan beberapa hal penting yang perlu kita renungi dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, Allah memuji diri-Nya dengan menurunkan Al-Qur'an sebagai panduan hidup bagi seluruh umat manusia. Al-Qur'an adalah kitab suci yang sangat penting dan harus kita jadikan sebagai acuan dalam menjalani kehidupan ini.

 

Kedua, Al-Qur'an disebut sebagai al-Furqan, yang berarti pembeda antara petunjuk dan kesesatan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus memperhatikan perbedaan antara hal-hal yang benar dan yang salah, agar kita tidak terjerumus pada jalan yang salah dan merugikan diri sendiri.

 

Ketiga, Nabi Muhammad diutus oleh Allah untuk menjadi teladan bagi seluruh manusia. Allah menyebut Nabi Muhammad sebagai "hamba-Nya" untuk memuliakannya, dan kita sebagai umatnya harus mengikuti teladan dan ajarannya dalam menjalani kehidupan ini.

 

Keempat, Allah sebagai pemilik langit dan bumi, tidak memiliki anak dan tidak bersekutu dengan lainnya dalam kekuasaan-Nya. Kita harus menyembah Allah saja dan tidak menyembah makhluk-Nya seperti manusia, berhala, atau benda lainnya.

 

Kelima, manusia yang memperhambakan dirinya kepada Allah adalah hamba Allah yang sejati. Kita harus selalu memohon dan berdoa kepada Allah dalam setiap keadaan, karena hanya Allah-lah yang mampu memenuhi kebutuhan kita.

 

Dari Qs al Furqan ayat 2 ini, kita bisa belajar untuk selalu mengambil teladan dari Nabi Muhammad dan mengikuti ajarannya, selalu membedakan antara hal-hal yang benar dan yang salah, serta selalu memohon dan berserah diri kepada Allah dalam setiap keadaan.

Posting Komentar

0 Komentar